Kamis, Hari Tanpa Bayangan Akan Terjadi di Bandung

Rating:

Hari Tanpa Bayangan. (BMKG)

TRISAKTINEWS.COM, CIREBON – Dilansir daru LENGKONG, AYOBANDUNG.COM, Fenomena siang hari tanpa bayangan akan terjadi di Bandung dan sekitarnya pada pukul 11.36 WIB, Kamis (11/10/2018).

Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan fenomena siang tanpa bayangan terjadi setahun dua kali pada bulan Maret dan Oktober.

“Fenomena terjadi akibat posisi matahari tegak lurus di sekitar Pulau Jawa,” ujarnya saat dikonfirmasi Ayobandung.com, Selasa (9/10/2018).

Dia menjelaskan fenomena siang hari tanpa bayangan akan terjadi sekitar 5-10 menit. Saat fenomena terjadi, bayangan diri manusia bila berdiri di halaman tidak akan tampak akibat posisi matahari yang lurus.

“Setelah itu akan seperti biasa lagi, bayangan terlihat,” ujarnya.

Tony mengimbau masyarakat tidak usah khawatir dengan adanya fenomena siang hari tanpa bayangan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lembaga Penerangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Jasyanto mengatakan fenomena siang hari tanpa bayangan disebut hari nirbayangan.

Peristiwa ini terjadi karena bumi beredar mengitari matahari pada jarak 150 juta kilometer dengan periode sekitar 365 hari.

Menurutnya, garis edar bumi berbentuk agak lonjong, sehingga Bumi kadang bergerak lebih cepat dan kadang bergerak lebih lambat.

Tags:
author

Author: 

Biarlah Sejarah Membaca dan Menjawabnya