Paguyuban Subur Rahayu Beri Pelatihan Dongkrak Ekspor Bagi Dunia Konveksi

Rating:

Paguyuban Kelompok Pengusaha Konveksi Subur Rahayu berkomitmen guna Membangun Perekonomian Nasional Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Yang Berkeadilan.

Paguyuban Kelompok Pengusaha Konveksi Subur Rahayu berkomitmen guna Membangun Perekonomian Nasional Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Yang Berkeadilan.

TRISAKTINEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Indonesia saat ini tengah getol melakukan berbagai macam upaya untuk genjot ekspor Indonesia. Ekspor barang dan jasa harus didorong untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

Namun, agar ekspor tersebut tumbuh secara berkelanjutan, tentu harus didasarkan pada adanya daya saing yang menyebabkan produk lokal terus diminati oleh pasar global.

Sebagai salah satu langkah untuk mengembangkan ekspor, Paguyuban Kelompok Pengusaha Konveksi Subur Rahayu menyelenggarakan Kopdar di Rumah Makan Ampera Bojongsoang yang dihadiri sejumlah anggotanya dengan tema “Membangun Perekonomian Nasional Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Yang Berkeadilan” pada hari Minggu 14 Oktober 2018.

Saat media mewawancarai via sambungan telpon dan pesan singkat whatsapp, Ariska Sopyan selaku Ketua Paguyuban memberikan point-point yang dihasilkan Paguyuban Kelompok Pengusaha Konveksi Subur Rahayu dalam agenda Kopdar antara lain :

1) Usahakan selalu ready stock untuk pengusaha

Sebagai pengusaha tentu banyak tantangan dan persaingan dengan produk kita, bisa dari kualitasnya atau ketepatan waktunya. Konsumen yang rela sabar nungguin kuota pesanan biasanya ya temen deket aja itu pun pasti ditagih-tagih terus. Bagaimana mau menghadapi konsumen yang nggak dikenal? Ready stock di awal-awal akan memudahkan kita promosikan produk, karena orang bisa segera melihat dan memegang produknya tanpa harus membayangkan dahulu.

2) Punya sampel seluruh produk

Apabila ada konsumen yang ingin memesan dalam jumlah banyak, misal seragam, kaos komunitas, dll. Buatlah masing-masing 1 contoh kaos dengan berbagai jenis print/model sablon/ jahitan. Punya contoh produk langsung bisa menambah nilai plus dan profesional.

3) Inovasi desain

“Menjual Desain” maka harus selalu berinovasi, membuat desain yang unik/simpel/lucu dan belum pernah ditemukan dipasaran.

4) Adakan promosi kreatif

Promosi lewat media sosial tentu saja menjadi keharusan di jaman digital ini, namun lakukan promosi kreatif seperti memberikan hadiah eksklusif yang bermanfaat apabila membeli produk kaosnya. Selain itu buatlah tema khusus setiap kali meluncurkan produk, maka produk akan ditunggu-tunggu.

5) Harga bersaing

Harga lebih murah tentu saja jadi incaran, tapi harga lebih mahal dengan produk berkualitas lebih menjadi incaran. Pastikan produk yang dibuat berkualitas baik dan tidak asal-asalan. Hal ini akan jadi nilai tersendiri bagi konsumen.

6) Bangun brand image

Pentingkah brand image? Penting, karena brand image bisa mengantarkan untuk fokus pada konsumen tertentu, walapun siapapun buyernya tak jadi soal. Usahakan membuat brand yang mudah diingat, mudah diucapkan.

7) Pelayanan yang terbaik

Harusnya ini nomor satu, pelayanan, fast respon, product knowledge harus dikuasai. Tak ada buyer yang ingin bertemu dengan seller yang tidak ramah, jadi mendengarkan keluhan buyer serta menanggapinya dengan sabar dan santun bisa membentuk brand image.

Kesimpulannya adalah bertahan di industri yang sudah ramai tidak mudah, tapi jika kita bermental pengusaha maka invoasi tidak akan pernah habis. Tetap semangat dan berkarya bersama kami Paguyuban Kelompok Pengusaha Konveksi Subur Rahayu. (Eka)

Tags:
author

Author: 

Biarlah Sejarah Membaca dan Menjawabnya