Agenda Nasional GNPK-RI Bersama Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat

Rating:

GNPK-RI dalam Sosialisasi Nasional Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pada Pelaksanaan Program Pembangunan Nasional bersama Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perkeretaapian, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, Konsultan Perencanaan dan Kontraktor.

TRISAKTINEWS.COM, BANDUNG – Bertempat di lantai 8 room alfa 1, Grand Cordela Hotel Bandung, Jl. Soekarno Hatta No.791 B, Babakan Penghulu, Cinambo, Bandung, Kamis (27/09/2018) GNPK-RI menggelar Touring Sosialisasi Nasional Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pada Pelaksanaan Program Pembangunan Nasional bersama Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perkeretaapian, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat.

Pejabat Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, Konsultan Pengawas, Kontraktor dan Ketua Umum GNPK-RI, Pimpinan Wilayah Jawa Barat serta anggota.

Acara yang dihadiri para Pejabat Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, Konsultan Pengawas, Kontraktor dan Ketua Umum GNPK-RI, Pimpinan Wilayah Jawa Barat serta anggota. Sosialisasi tersebut sangat di apresiasi positif oleh kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc.

Acara diawali dengan pemaparan visi dan misi GNPK-RI oleh Gozal Mulyadi selaku Satgas Tipikor GNPK-RI dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat dan Penjelasan dari Ketua Umum GNPK-RI Budi Utomo tentang maksud dan tujuan Sosialisasi Nasional Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Sambutan Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc, selaku Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat.

Dalam sambutannya Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc, selaku Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat menuturkan, fungsi serta peran GNPK-RI terkait sosialisasi nasional peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi pada pelaksanaan program pembangunan nasional sangatlah positif, di tengah maraknya aksi praktek korupsi diberbagai bidang dan merupakan musuh bersama.

Heru, menambahkan GNPK-RI satu-satunya Organisasi Masyarakat yang ikut berpartisipasi memantau kinerja pemerintah tanpa melakukan upaya mengganggu kinerja pemerintah, justru membantu dalam pengawasan yang memang secara internalpun sudah ada, baik dari Inspektorat, BPK, BPKP.

Pemaparan Tema Sosialisai Pengawasan Masyatakat Dalam Rangka Pencegahan Pemberantsan Korupsi oleh Ketua Umum GNPK-RI H.M Basri Budi Utomo AS SIP.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan tentang Tema Sosialisai Pengawasan Masyatakat Dalam Rangka Pencegahan Pemberantsan Korupsi oleh GNPK-RI. Ketua Umum GNPK-RI Basri Budi Utomo menjelaskan bahwa GNPK-RI ikut melakukan pengawasan secara  Profesional. Budi menegaskan “Kami bukan LSM yang suka mengganggu pekerjaan pemerintah ataupun memeras”. Kehadiran GNPK-RI lebih menitik beratkan pada hal pencegahan tindak pidana korupsi dalam hal pengawasan.

Diakhir acara,  Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc yang disaksikan para staffnya setelah  memberikan dummy lokomotif kereta kecil kepada Ketua Umum GNPK-RI Basri Budi Utomo.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc yang disaksikan para staffnya memberikan kenang-kenangan berupa dummy lokomotif kereta kecil kepada Ketua Umum GNPK-RI H.M Basri Budi Utomo AS SIP.

Heru saat diwawancarai oleh media menuturkan, dukungan apa yang disampaikan misi dan visi GNPK-RI, kalaupun permasalahan korupsi sudah termasuk sumpah jabatan sebagai ASN dalam kesepakatan fakta integritas. 

“Artinya GNPK-RI tidak sama seperti ‘LSM’ yang lain, ada ancaman, mengganggu dan memeras dengan dalih mengingatkan terhadap pemerintah dalam pengelolaan anggaran”, jelas Ir. Heru.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc menerima kenang-kenangan berupa seragam GNPK-RI.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc menerima kenang-kenangan berupa plakat GNPK-RI.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat Ir. Heru Wisnu Wibowo, M.Sc menerima kenang-kenangan berupa poster yang telah dibingkai tentang masalah korupsi.

Diwaktu yang sama, Budi selaku Ketua Umum GNPK-RI saat diwawancarai oleh media menjelaskan “Yang menilai di pemerintahan indikator dan indikasi banyak melakukan tindakan korupsi ada pada institusi bidang kesehatan dan pendidikan. Sebab mereka mengelola anggaran lebih besar”, pungkas Budi, yang tetap dan tak bosan akan melakukan touring sosialisai pencegahan korupsi di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

“GNPK-RI lebih memiliki visi dan misi tentang pencegahan korupsi sebagai persoalan tanggung jawab bersama. Apalagi indikasi semua instansi pemerintah ada indikator mudah melakukan korupsi. Terlepas dalam undang-undang, bahwa pemerintah bisa melakukan hak menjawab saat ada tindakan mengingatkan dari masyarakat,” ujarnya.

Senada juga dikatakan Jahja Taruna Djaja Kepala Biro Investigasi GNPK-RI Menegaskan bahwa GNPK-RI hanya mengantarkan temuan atau indikasi praktek korupsi oleh oknum pegawai pemerintah kepada pihak pemerintah yang lebih berwenang menindak secara hukum.

Tapi jika diminta pendapat mengenai sanksi kepada para pelaku tindak korupsi, Jahja meminta hukuman setimpal akibat tindakannya yang merugikan negara dan memalukan bangsa, minta Jahja kepada lembaga hukum tertinggi negara RI.

GNPK-RI, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, Konsultan Perencanaan dan Kontraktor membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk kesepakatan bersama antar kedua belah pihak tentang pengawasan.

Foto bersama GNPK-RI, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, Konsultan Perencanaan dan Kontraktor menunjukan tanda tangan sebagai bentuk kesepakatan bersama antar kedua belah pihak tentang pengawasan.

Diakhir acara GNPK-RI, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat, Konsultan Perencanaan dan Kontraktor membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk kesepakatan bersama antar kedua belah pihak tentang pengawasan yang digagas oleh GNPK-RI dalam Sosialisasi Nasional Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pada Pelaksanaan Program Pembangunan Nasional bersama Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perkeretaapian, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat. (Eka)

Tags:
author

Author: 

Biarlah Sejarah Membaca dan Menjawabnya

One Response

  1. Trisaktinews | GNPK-RI Berikan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Korupsi Di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara6 bulan ago

    […] Baca : Agenda Nasional GNPK-RI Bersama Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat […]

    Reply

Tinggalkan Balasan